10 Teknik fotografi smartphone

10 Teknik fotografi smartphone

Pernah kebayang gak menjadi fotografer profesional? tapi pas liat kocek kita ga memadai untuk itu bisa-bisa cuman menhayal doang yang ada bro. Tapi jangan putus asa gitu dong.. itu semua bisa dilakukan juga pake kamera smartphone loe Bro.. yaa.. cuma pake smartphone doang bro, kecuali yg ga punya smartphone ya mending skip aja nih artikel.

Banyak kok fotografer-fotografer luar maupun dalam negeri ber-eksperimen Fotografi Menggunakan Smartphone dalam karyanya, malah ada juga yg khusus menggunakan smartphone doang tapi hasilnya ajibbbb. contohnya bisa disimak seperti: RogerClay blackandwhitestreet.com dia cukup gunain smartphone dalam karya street fotografinya, ada juga Paul Marsh paulmphotography.com/ yang lebih kepada fotografi arsitektur, ada juga Maria Sander https://www.instagram.com/mariasander_/ yg lebih natural dan masih banyak lagi yg lain.
Robert Clay Street Photography
Udah laah ga usah gw jelasin panjang lebar.. karena kalo kepanjangan kasihan ibu-ibu.. kalo kelebaran juga jadi gak enak kan bapak-bapak heheheh… simak beberapa tips berikut ini yg harus dipersiapkan untuk belajar smartphone fotografi:

10 Teknik fotografi smartphone

  1. Pelajarin Settingan Kamera Smartphone lo Bro
    Biasanya setiap smartphone pasti punya kamera setting, loe bisa setting semau loe bro.. apakah itu auto focus, ISO maupun white balance, dana jangan takut untuk mencoba satu-persatu.. nanti loe akan dapet feel nya.
    Setting Camera
  2. Set Kamera dengan resolusi setinggi-tingginya
    Tentu ini sangat perlu apalagi kalao nanti fotonya akan dicetak ukuran besar tentu perlu resolusi yg gede kan.. silahkan lihat lagi di settingan loe. Trus dekati objek yang akan difoto kalo perlu.. karena setiap smartphone umumnya zoom nya terbatas jadi mendekati objek adalah pilihan yang tepat.
    Setting camera denga resolusi tinggi
      
  3. Gunakan Kamera Belakang yah, jgn yang depan
    Biasanya pada smartphone lensa kamera yang paling bagus itu yang kamera belakang (main camera), jadi saran ane mending gunain kamera belakang bro. Namun bisa juga menggunakan kamera depan jika diperlukan seperti foto selfi contohnya.
  4. Gunakan tripod atau lensa tambahan jika diperlukan
    Pernah gak kalian moto objeknya jadi blurr.. nah tripod ini kadang diperlukan untuk mengatasi itu khusunya di tempat yang kurang cahaya. Atau jua tripod bisa digunakan untuk self-timer. Lensa, yak lensa itu ibaratnya mata kita.. jadi setiap foto yang dihasilkan itu lensa sangat berperan penting.. untuk itu loe bisa tambahin lensa tambahan misalnya, atau perangkat2 lainnya.
    Penggunaan Lensa Tambahan
  5. Cari Spot dengan cahaya paling terang bro
    Masalah besar yang sering kita jumpai salah satunya adalah foto terlalu gelap jadi pencahayaan itu sangat penting. Kita bisa cari spot atau tempat moto yang lebih terang atau bisa menggunakan flash jika perlu juga. bisa juga kita mengandalkan sinaran cahaya matahari sebagai efek cahaya. atau kita bisa juga menggunakan lampu tambahan seperti spot lamp, senter dan sejenisnya.. di dalam smartphone fotografi itu sah-sah saja… jangan takut ber-eksperimen.
  6. Menggunakan beberapa trik tambahan
    Agar terlihat lebih dramatisir banyak juga fotografer smartphone yang penggunakan trik dalam mengambi gambar, seperti di video ini contohnya:
  7. Atur komposisi yang pas dan cantik
    Foto yang baik itu terletak pada komposisi yang baik, kita bisa pelajari pakem-pakem komposisi dalam fotografi seperti rule of third, leading line, scale, framing, maupun vibonaci dalam pengambilan angle foto kita.
    Composition: Rules of third
    10-top-photography-composition-rules
  8. Jangan Malu-malu untuk Ambil Gambar
    Nah, ini biasanya problem kita sebagai orang indo… biasanya malu tuh kalo suruh abli gambar hehe… cuek aja bro, gimana kita bisa dapet angle dan komposisi yang bagus kalo malu-malu motonya. Atau bisa juga kita ambil tehnik candid kalau untuk moto orang misalnya.
  9. Menggunakan aplikasi Lain bukan bawaan Smartphone nya
    Biasanya kamera bawaan standard itu minim fungsi, jadi kita bisa gunain aplikasi-aplikasi kamera yang lain untuk supaya foto kita tambah keren. seperti diantaranya: Camera+(IOS), Pro Capture Free (Android), lainnya ada juga Slow Shutter Cam (IOS), Night Cam and Pro HDR (IOS, Android).
  10. Menggunakan Aplikasi pengedit fotoTerkadang Kita perlu edit foto kita, banyak aplikasi-aplikasi peng-edit foto yang bagus-bagus yang bisa kita pakai setelah kita moto.. misalnya  Camera FV-5 (Android), Photoshop Express (IOS, Android), Pixlr Express (IOS, Android), snapster (IOS, Android).

Demikian bro beberapa tipsnya, semoga bisa jadi tambahan elmu bagi yang mebutuhkan. pesan sponsor… jangan takut untuk mencoba ya guys ^_^

No comments

Post a Comment